telkomsel halo

Penciptaan peluang kerja diperlukan untuk dorong pertumbuhan ekonomi

07:47:00 | 10 Okt 2024
Penciptaan peluang kerja diperlukan untuk dorong pertumbuhan ekonomi
JAKARTA (IndoTelko) - Ancaman fenomena Middle Income Trap menjadi salah satu tantangan utama bagi negara-negara berkembang saat ini, termasuk Indonesia. Middle Income Trap adalah kondisi ketika suatu negara berpenghasilan menengah menghadapi kesulitan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, sehingga sulit untuk naik menjadi negara berpenghasilan tinggi.

Laporan World Development Report 2024: The Middle Income Trap yang dirilis oleh Bank Dunia pada Agustus lalu, Indonesia merupakan salah satu negara berpenghasilan menengah-atas yang berisiko terjebak dalam fenomena ini. Beberapa faktor penyebab jebakan fenomena ini adalah stagnasi transformasi ekonomi karena tidak mampu meningkatkan produktivitas dan inovasi yang diperlukan untuk bersaing dengan negara-negara maju, kurangnya investasi pada sumber daya manusia terutama dalam pendidikan dan pengembangan keterampilan, dan ketergantungan pada strategi berbasis investasi tanpa adopsi teknologi dan praktik bisnis modern.

Pun data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Agustus 2024 menunjukkan penurunan signifikan dalam jumlah penduduk kelas menengah Indonesia, dari 57,33 juta jiwa pada 2019 menjadi 47,85 juta jiwa di 2024. Penurunan ini disebabkan oleh dampak pandemi COVID-19, terutama pada sektor formal, di mana banyak masyarakat kehilangan pekerjaan, yang memperburuk situasi tenaga kerja di Indonesia.

Menghadapi tantangan ini, diperlukan langkah-langkah konkret yang dapat membuka akses ke peluang kerja yang lebih luas dan berkualitas, sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Strategi yang berfokus pada peningkatan keterampilan, inovasi di sektor pekerjaan, dan dukungan terhadap lapangan kerja baru menjadi kunci untuk membantu Indonesia keluar dari potensi jebakan ini.

Sebagai platform karir digital terdepan, Jobstreet by SEEK telah memainkan peran krusial dalam menghadapi tantangan dunia ketenagakerjaan di Indonesia, terutama di era pemulihan ekonomi pasca pandemi. Melalui gerakan #NextMillionJobs, Jobstreet by SEEK berupaya menciptakan satu juta peluang kerja baru untuk mendukung tenaga kerja Indonesia dan mempercepat pemulihan roda perekonomian nasional.

Sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045 yang bertujuan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pendapatan per kapita setara negara maju, Jobstreet by SEEK berkomitmen mendukung peningkatan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) angkatan kerja produktif Indonesia melalui perluasan akses lowongan kerja serta memberdayakan tenaga kerja melalui platform pencarian kerja yang aman dan terpercaya.

Penting bagi perusahaan dan pemberi kerja untuk memanfaat momentum positif ekonomi nasional dalam rangka mengembangkan industri, serta tidak terpengaruh oleh resiko faktor eksternal seperti resesi dunia global maupun melambatnya pertumbuhan ekonomi secara global.

Berikut beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk menghadapi ancaman Middle Income Trap di Indonesia :

1. Mengedepankan Investasi pada Peningkatan Keterampilan dan Pendidikan Teknologi

Dunia kerja terus berkembang dengan pesat, didorong oleh perkembangan teknologi yang semakin cepat. Oleh karena itu, penting untuk terus mengedepankan investasi pada pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan sehingga memungkinkan para profesional untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan baru guna mempercepat proses adaptasi terhadap pasar ketenagakerjaan.

Menurut Edukator, Pengusaha, dan Menteri Perdagangan Republik Indonesia ke 27, Gita Wirjawan, penting bagi para profesional untuk memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Selain melakukan reskilling, upskilling merupakan hal utama yang harus dibudayakan dan dilakukan secara berkala agar masyarakat Indonesia dapat terus beradaptasi dengan kondisi perekonomian saat ini, baik itu melalui pengembangan pembelajaran bahasa asing maupun teknologi.

"Kita harus berani berkembang, bersaing, dan menginternasionalisasikan diri, sehingga dapat memberikan dampak besar yang positif pada kinerja dan pertumbuhan Indonesia secara keseluruhan,” ujarnya.

2. Pengembangan Sektor Industri Utama di Indonesia

Diversifikasi ekonomi merupakan langkah krusial dalam mengurangi ketergantungan pada industri tradisional dan membuka peluang kerja baru yang lebih luas. Dengan merambah ke sektor-sektor yang sedang berkembang pesat - suatu negara dapat menciptakan ketahanan ekonomi yang lebih kuat. Jobstreet by SEEK berperan dalam menghubungkan pencari kerja dengan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di sektor-sektor yang sedang bertumbuh. Sebagai contoh, perusahaan dari industri manufaktur, pariwisata, dan hospitality termasuk dalam industri teratas di platform Jobstreet by SEEK yang terus membutuhkan banyak pekerja.

3. Dukungan Penuh dari Pemerintah untuk Menjaga Stabilitas Ekonomi

Dukungan kebijakan moneter dan fiskal yang tepat dari pemerintah, serta kolaborasi aktif dengan sektor swasta, merupakan salah satu kunci dalam menjaga stabilitas ekonomi dan menciptakan ekosistem kerja yang sehat, di mana kebijakan-kebijakan ini akan mengurangi berbagai resiko lain seperti inflasi maupun defisit. Jobstreet by SEEK mengambil peran untuk terus menjalin kolaborasi aktif bersama dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya, khususnya melalui gerakan #NextMillionJobs dalam mengurangi skala tingkat pengangguran di Indonesia.

4. Meningkatkan Akses Peluang Kerja di Wilayah-Wilayah Luar Pulau Jawa

Presiden Joko Widodo baru baru ini menekankan pentingnya pembukaan lapangan kerja baru, di tengah adanya peningkatan penggunaan teknologi di berbagai sektor serta adanya proyeksi bahwa sekitar 85 juta pekerjaan akan terancam hilang di tahun 2025 mendatang. Oleh sebab itu, Jobstreet by SEEK terus berkontribusi untuk membantu dalam perluasan lapangan kerja melalui program iklan lowongan kerja gratis yang ditujukan bagi perusahaan untuk memasang iklan lowongan pekerjaan secara gratis di wilayah luar Pulau Jawa guna membuka lebih banyak kesempatan bagi pencari kerja di seluruh Indonesia secara merata.

Melalui gerakan #NextMillionJobs, Jobstreet by SEEK terus berupaya untuk menciptakan lebih dari satu juta peluang kerja baru dalam setahun untuk mempercepat penyerapan tenaga kerja, meningkatkan peluang kerja yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, serta pengentasan Middle Income Trap.

GCG BUMN
Dengan berbagai strategi yang tepat dan terarah, kita dapat menatap masa depan Indonesia dengan optimis yang lepas dari ancaman Middle Income Trap. Kampanye #NextMillionJobs merupakan langkah konkrit dari Jobstreet by SEEK dalam mewujudkan optimisme tersebut. Jobstreet by SEEK mengajak masyarakat, perusahaan, serta pemerintah untuk turut mendorong perekonomian nasional. Mari bersama-sama mengambil peran untuk terus berkontribusi dan berkolaborasi dalam membuka peluang kerja yang lebih luas melalui platform Jobstreet by SEEK. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year