telkomsel halo

Tip manfaatkan paylater di Tokopedia

07:49:00 | 20 Okt 2024
Tip manfaatkan paylater di Tokopedia
JAKARTA (IndoTelko) - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat PDB per kapita masyarakat Indonesia pada tahun 2023 mencapai Rp75 juta dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,05%. Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih ditopang oleh konsumsi, dimana Komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga menjadi yang terbesar kedua, mencapai 4,82%.

Dikatakan Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, kemampuan dalam mengelola keuangan dengan bijak, terutama saat tanggal gajian tiba, sangat penting untuk dipelajari dan diimplementasikan agar dapat memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan secara efektif. "Tokopedia dan ShopTokopedia sendiri memiliki berbagai inisiatif dan fitur yang dapat menunjang kebutuhan akan belanja online yang lebih hemat, mulai dari Waktu Indonesia Belanja (WIB) hingga Promo Guncang,” jelasnya.

Ditambahkannya, fitur PayLater sudah tersedia di ShopTokopedia yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok. Fitur PayLater di ShopTokopedia memungkinkan masyarakat untuk membeli produk yang dibutuhkan dengan memberikan keleluasaan dalam mengelola rencana pembayarannya. Fitur PayLater juga menyediakan fasilitas pembayaran cicilan mulai dari 1 hingga 12 bulan.

Berikut tips Tokopedia dan ShopTokopedia mengelola gaji bulanan dengan cermat dan hemat.

1. Catat semua pendapatan dan pengeluaran

Mencatat semua pendapatan dan pengeluaran merupakan syarat utama dalam mengatur keuangan. Mencatat pendapatan dan membuat pos-pos pengeluaran akan mempermudah pelacakan pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan.

Dijelaskan Aditia, mencatat semua pendapatan dan pengeluaran dapat dilakukan dengan sederhana. Misalnya membuatnya di buku catatan kecil agar tidak lupa apa saja pengeluaran kita setiap bulan. "Dari catatan ini, nantinya bisa kita evaluasi untuk pengeluaran-pengeluaran yang kurang perlu,” katanya.

2. Gunakan promo untuk belanja kebutuhan harian dan bulanan

Promo dan diskon di Tokopedia dan ShopTokopedia cukup banyak, termasuk pada momen gajian. Berbagai kampanye khusus di momen spesial yang bisa membuat belanja sehari-hari semakin hemat, antara lain Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang berlangsung setiap periode gajian serta Promo Guncang untuk berbagai produk terlaris di berbagai kategori dengan Flash Sale 95%, Bebas Ongkir, dan berbagai promo lainnya.

Menurutnya, dengan memanfaatkan promo dan diskon yang tersedia di Tokopedia dan ShopTokopedia, masyarakat dapat lebih hemat dalam berbelanja dan memenuhi kebutuhan hariannya. "Selain itu, terdapat banyak pilihan produk dari jutaan penjual yang bergabung di Tokopedia dan ShopTokopedia yang membuat belanja masyarakat semakin mudah,” ujarnya.

3. Jangan lupakan pos tabungan, investasi, dan dana darurat

Tabungan, investasi, dan dana darurat merupakan pos yang perlu diisi setiap bulan ketika mengelola gaji bulanan. Tabungan dan investasi disiapkan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan, seperti dana traveling, biaya pernikahan, membeli rumah, membeli kendaraan, atau ibadah.

Sementara, dana darurat menjadi pos yang akan digunakan jika ada kondisi darurat terjadi. Misalnya saja ketika rumah mengalami kerusakan atau membantu keluarga dan kerabat. “Sesuaikan persentase dan nominalnya dengan penghasilan yang didapat dengan pengeluaran yang dibutuhkan agar tidak membebani finansial sendiri,” jelasnya.

4. Lakukan evaluasi rutin untuk setiap pos pengeluaran

Setiap bulannya, jangan lupa melakukan evaluasi rutin untuk setiap pos pengeluaran. Hal ini penting dilakukan agar dapat melihat lebih jelas pos-pos pengeluaran yang mungkin dirasa tidak terlalu dibutuhkan. Aditia mencontohkan, setelah melihat buku catatan kecil pengeluaran, kita melihat bahwa porsi jajan kopi di kantor terlalu besar, maka dapat disiasati dengan membawa kopi dari rumah agar semakin hemat.

5. Manfaatkan fitur PayLater dengan bijak untuk membuat belanja online makin mudah

Menurut Aditia, salah satu fitur terbaru di ShopTokopedia, yaitu PayLater, bisa menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan harian sekaligus mendapatkan beragam promo menarik. Fitur ini hadir sebagai salah satu solusi bagi masyarakat untuk mengelola gaji bulanan dengan efektif dan tetap bisa memenuhi kebutuhan berbelanja.

“Fitur PayLater di ShopTokopedia, yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, merupakan metode pembayaran yang memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan secara lebih praktis dan instan, dengan kemudahan untuk melakukan pelunasan di kemudian hari. Lewat fitur ini, masyarakat mendapatkan solusi keuangan yang praktis dengan berbagai kemudahan, mulai dari limit kredit khusus, pembayaran fleksibel dan persetujuan yang kilat,” jelasnya.

Untuk menggunakan PayLater, masyarakat hanya perlu mendaftar secara online lewat halaman khusus di ShopTokopedia, dalam aplikasi TikTok, dengan cara mengisi data diri. Setelah disetujui, masyarakat bisa menggunakan fasilitas PayLater dan mendapatkan berbagai keuntungan, seperti pilihan pembayaran cicilan mulai dari 1 hingga 12 bulan, tanpa uang muka (DP) dengan limit hingga Rp25 juta.

Membayar dengan PayLater di ShopTokopedia juga aman karena fitur dan layanan PayLater disediakan oleh berbagai institusi layanan jasa keuangan yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ia mengungkapkan, ada juga Program Bebas Bunga 0% yang dapat dinikmati masyarakat yang membeli berbagai produk dari penjual yang bergabung dalam program tersebut dengan menggunakan PayLater di ShopTokopedia.

GCG BUMN
"Selama periode peluncuran, kami juga menggandeng Infinix dan Xiaomi untuk memberi kemudahan bagi masyarakat. Contohnya, dengan membeli Infinix Smart 9 dan Infinix Hot 50i dari Infinix, Xiaomi 14T dari Xiaomi di ShopTokopedia, dalam aplikasi TikTok, dengan menggunakan PayLater dan tenor tertentu, pembeli bisa menikmati bebas bunga 0%. Untuk program Infinix, berlaku selama 7-21 Oktober 2024 dengan tenor 1-3 bulan. Untuk program Xiaomi berlaku selama 5-18 Oktober 2024 dengan tenor 1-3 bulan,” katanya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year