telkomsel halo

Taksi Bluebird bahan bakar gas ikut kurangi polusi

07:00:00 | 28 May 2024
Taksi Bluebird bahan bakar gas ikut kurangi polusi
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Kemacetan dan polusi memang sulit dipisahkan. Tapi, kita bisa bantu kurangi polusi dengan pakai transportasi umum yang ramah lingkungan. Bluebird yang selama ini dikenal punya banyak armada taksi listrik yang bisa kurangi emisi, ternyata juga punya taksi CNG.

Apa itu CNG dan apa manfaatnya untuk lingkungan? Berikut fakta-fakta armada taksi CNG Bluebird yang selama ini wara-wiri di jalanan Jabodetabek :

1. Compressed Natural Gas

Compressed Natural Gas (CNG) atau gas alam terkompresi. Ini adalah bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan, efisien, dan aman. CNG disimpan dalam tangki khusus yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan tekanan tinggi.

2. Kendaraan Ramah Lingkungan Pertama Bluebird

Tak banyak yang tahu, taksi CNG Bluebird sudah menemani perjalananmu sejak 2018. Sekilas, tampilan luarnya tampak sama dengan taksi lainnya, tapi di balik bagasinya terdapat tangki konverter gas yang membuat kendaraan ini lebih rendah emisi. Bluebird secara berkala juga terus meremajakan armada CNG untuk menjaga pengalaman mobilitas yang Standar Nyaman Indonesia (SNI) untukmu

3. Lebih Rendah 45 Persen Emisi untuk Kurangi Polusi

Tanpa disadari, perjalananmu dengan taksi CNG Bluebird telah mengurangi emisi karbon hingga 45% dibanding bahan bakar bensin. Pembakaran energi 100 persen didukung oleh gas. Tapi, armada ini juga masih memiliki tangki bensin yang dapat digunakan sewaktu-waktu kendaraan membutuhkannya.

4. Lebih dari 3.000 armada telah hindari lebih dari 162.000 ribu ton emisi

Sejak 2018 hingga 2023 terdapat lebih dari 3.000 armada yang menunjang mobilitas harian kamu dan lebih bersih lingkungan. Berita baiknya, dalam kurun waktu lima tahun itu, keberadaan taksi CNG Bluebird telah berhasil mengurangi emisi karbon sebanyak 162 ribu ton. Artinya, sama saja seperti kamu berkontribusi menanam jutaan pohon.

5. Inisiatif BlueSky dalam Visi Keberlanjutan Bluebird 50:30

Penggunaan taksi CNG sejak 2018 dengan lebih dari 3.000 armada ternyata menjadi penurun emisi terbesar hingga saat ini. Hal ini sejalan dengan pilar BlueSky dalam Visi Keberlanjutan Bluebird 50:30 yang berkomitmen kurangi hingga 50 persen emisi dan buangan pada tahun 2030.

Menurut Presiden Direktur PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono, pengoperasian armada CNG adalah bagian dari komitmen Bluebird mengurangi hingga 50% emisi karbon di tahun 2030 sesuai dengan pilar BlueSky dalam Visi Keberlanjutan Bluebird.

“Kami berkomitmen untuk berkontribusi pada lingkungan yang lebih baik. Armada CNG kami yang terus berkembang adalah bukti dari visi kami untuk mengurangi emisi karbon sebesar 50% pada tahun 2030. Dengan CNG, kami tidak hanya mengurangi emisi, tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan kesehatan,” katanya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year