telkomsel halo

Kerentanan digitalisasi

08:02:00 | 21 Jul 2024
Kerentanan digitalisasi
Pada 19 Juli 2024, dunia menyaksikan dampak buruk dari ketergantungan yang semakin meningkat pada teknologi digital.

Ribuan perangkat Windows di seluruh dunia mengalami blue screen of death (BSOD) massal yang berdampak pada sejumlah layanan, mulai dari penerbangan, penyiaran, hingga perbankan di berbagai negara.

Gangguan global yang disebabkan oleh pembaruan perangkat lunak yang cacat pada Falcon Sensor dari CrowdStrike menyebabkan jutaan komputer Windows mengalami "blue screen of death," mengganggu layanan publik dan perekonomian secara luas.

Sistem Crowdstrike Falcon yang terpasang di PC Windows memonitor dan memblokir beragam aktivitas mencurigakan, seperti malware, tetapi membutuhkan akses khusus ke sistem OS Windows untuk melakukannya. Update yang memiliki kecacatan pemrograman itulah yang membuat OS Windows jadi diam tak bisa digunakan (brick), hanya menampilkan layar error biru (blue screen of death/BSOD)

Produk Crowdstrike Falcon digunakan di OS Windows menggunakan arsitektur cloud-native dan kemampuan deteksi bertenaga AI, untuk memberikan perlindungan, visibilitas, dan kemampuan respons secara real-time di seluruh endpoint (titik akhir/perangkat).

Solusi ini terintegrasi dengan sistem operasi Windows untuk memantau dan mengamankan perangkat dari ancaman keamanan siber, yang bertujuan untuk meningkatkan postur keamanan secara keseluruhan, dan mengurangi risiko serangan siber.

Diperkirakan, 6.000 perusahaan di seluruh dunia menggunakan solusi Crowdstrike ini di komputer Windows mereka, termasuk 300 perusahaan dari daftar Fortune 500.

Rentan
Efek domino dari gangguan ini menunjukkan betapa rentannya digitalisasi terhadap kesalahan teknologi.

Digitalisasi, meskipun membawa banyak manfaat, juga memperkenalkan risiko baru yang perlu dikelola dengan bijak.

Ketika teknologi yang kita andalkan untuk kelancaran operasi harian gagal, konsekuensinya dapat mengerikan. Gangguan layanan publik, seperti yang terjadi pada pusat panggilan darurat, tidak hanya menghambat operasional tetapi juga dapat membahayakan nyawa.

Lebih jauh lagi, dampak ekonomi dari insiden ini juga signifikan. Bisnis yang mengandalkan teknologi untuk operasi mereka terhenti, menyebabkan kerugian finansial besar. Harga saham CrowdStrike yang merosot mencerminkan dampak luas dari insiden ini pada kepercayaan investor dan pasar saham.

Insiden ini harus menjadi peringatan bagi pembuat kebijakan dan pemimpin industri untuk meningkatkan ketahanan digital. Investasi dalam sistem keamanan yang lebih kuat dan prosedur pemulihan bencana harus menjadi prioritas. Selain itu, penting untuk memiliki rencana kontingensi yang kuat untuk memitigasi dampak ketika teknologi gagal.

Kita hidup di era di mana ketergantungan pada teknologi tidak dapat dihindari. Penting untuk menyadari bahwa dengan kemajuan datang tanggung jawab untuk memastikan bahwa sistem ini tidak hanya canggih tetapi juga aman dan dapat diandalkan. Insiden 19 Juli harus mendorong upaya global untuk memperkuat infrastruktur digital dan melindungi layanan publik serta ekonomi dari gangguan di masa depan.

Dengan upaya bersama, kita dapat membangun ekosistem digital yang lebih aman dan tangguh, sehingga meminimalkan risiko gangguan dan memastikan manfaat penuh dari digitalisasi bagi semua.

@IndoTelko

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
GoTo ubah susunan direksi