telkomsel halo

ZTE dan Smartfren tingkatkan efisiensi energi dengan HI-RAN

07:09:00 | 19 Sep 2024
ZTE dan Smartfren tingkatkan efisiensi energi dengan HI-RAN
JAKARTA (IndoTelko) - ZTE Corporation, penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi terintegrasi terkemuka di dunia, bersama Smartfren, perusahaan TIK terkemuka di Indonesia, berhasil menerapkan solusi penghematan energi berbasis HI-RAN (Hybrid-Intelligent Radio Access Network) yang meningkatkan efisiensi energi sebesar 5 poin persentase tanpa mengurangi tingkat pengalaman pengguna.

Arsitektur inovatif HI-RAN secara cerdas menyeimbangkan konsumsi daya dan kinerja jaringan dengan merespons trafik, tren penggunaan, serta pengalaman pengguna secara real-time. Dengan memanfaatkan solusi hemat energi mutakhir ini, Smartfren mampu secara signifikan mengurangi konsumsi energi tanpa mengurangi kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Efisiensi Energi yang Ditingkatkan

Implementasi solusi berbasis HI-RAN berhasil meningkatkan efisiensi energi sebesar 5 poin persentase. Pencapaian ini sejalan dengan komitmen Smartfren terhadap keberlanjutan dan meminimalkan dampaknya terhadap lingkungan.

Pengalaman Pengguna yang Mulus

Smartfren memastikan kualitas layanan tetap optimal meskipun terdapat penghematan energi yang signifikan. Pelanggan tetap dapat menikmati konektivitas yang andal dan tanpa gangguan, dengan peningkatan throughput downlink sebesar 15% hingga 20%.


Integrasi AI yang Mudah untuk RAN

HI-RAN dengan AI di tingkat manajemen jaringan dan Native-AI pada base station, meningkatkan pemanfaatan sumber daya radio dengan menerapkan pengaturan trafik secara real-time untuk memenuhi kebutuhan pengalaman pengguna. Dengan memanfaatkan kapasitas komputasi terdistribusi pada base station, pendekatan ini meminimalkan pemborosan energi dan memaksimalkan efisiensi energi jaringan.

Dorongan untuk Inisiatif Ramah Lingkungan

Program ini merupakan bagian dari rencana besar Smartfren untuk mendorong praktik bisnis yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dalam sektor telekomunikasi. Dengan mengurangi konsumsi energi, Smartfren berkontribusi pada upaya global dalam mengatasi perubahan iklim dan mendorong pengelolaan lingkungan.

CTIO Smartfren, Shurish Subbramaniam mengungkapkan rasa bangganya atas efektivitas teknologi jaringan tersebut. Menurutnya, pihaknya berkomitmen untuk memanfaatkan solusi mutakhir yang yang memiliki kinerja terbaik sekaligus memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

"Integrasi teknologi berbasis HI-RAN ini selaras dengan filosofi bisnis Smartfren, yaitu Garda Lingkunan, yang fokus pada upaya mewujudkan teknologi telekomunikasi ramah lingkungan. Pencapaian ini menetapkan tolok ukur baru untuk efisiensi energi di sektor telekomunikasi, menunjukkan bagaimana teknologi inovatif dapat mendorong keberlanjutan tanpa mengurangi kinerja,” ujarnya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year