telkomsel halo

Huawei Cloud ikut perkuat ekosistem fintech Indonesia

04:45:00 | 21 Okt 2024
Huawei Cloud ikut perkuat ekosistem fintech Indonesia
JAKARTA (IndoTelko) - Huawei Cloud Indonesia memfasilitasi para pelaku utama industri fintech untuk menyelami lebih dalam berbagai cara inovatif guna memahami bagaimana teknologi dapat memberdayakan bisnis fintech agar tetap unggul dalam industri yang terus berkembang.

Melalui penyelenggaraan Diskusi Panel Industri bertema Empowering Fintech with Cloud, Huawei menegaskan komitmennya untuk memajukan industri fintech Indonesia seiring dengan cita-cita negara untuk menjadi pusat ekonomi global melalui lompatan ekonomi digitalnya yang sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.

Dalam paparannya, Deputi Direktur Pengembangan Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto (IAKD), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Satrio Nugroho mengatakan bahwa OJK terus mendorong pengembangan dan penguatan industri Inovasi Keuangan Digital seiring dengan Peta Jalan Pengembangan dan Penguatan Inovasi Teknologi Sektor Keuangan IAKD 2024-2028. Peta jalan yang baru saja diluncurkan tersebut merupakan inisiatif OJK dalam rangka menciptakan industri yang terpercaya dan kredibel dengan tetap mendorong inovasi, menjaga stabilitas keuangan dan menegakkan perlindungan konsumen.

“Transformasi digital diharapkan mampu menjawab tantangan dalam meningkatkan inklusi keuangan dengan menghubungkan inovasi teknologi dengan kebutuhan nyata masyarakat dan membuka peluang ekonomi yang lebih luas bagi semua lapisan," katanya.

Untuk itu diperlukan kolaborasi dan sinergi berbagai pihak, terutama untuk mendorong inovasi teknologi serta literasi yang bermanfaat untuk untuk menciptakan ekosistem keuangan digital yang inklusif, berkelanjutan serta mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

"Karena itu, saya mengapresiasi inisiatif baik Huawei untuk menggelar diskusi yang sangat produktif ini dalam rangka mendorong para pelaku utama industri fintech untuk terus bertransformasi dan memberdayakan bisnis fintech sebagai bagian dari lompatan ekonomi digital menuju visi besar mewujudkan Indonesia Emas 2045,” tegas Satrio Nugroho.

Selama diskusi tersebut, Huawei memperkenalkan berbagai rangkaian holistik inovasi dan solusi cloud-nya, termasuk solusi yang melampaui teknologi cloud untuk meletakkan infrastruktur dasar bagi industri fintech yang tengah bertransformasi pesat, didorong oleh permintaan akan kelincahan, inovasi, dan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

CEO Huawei Cloud Indonesia James Zhang, menegaskan Huawei Cloud, yang dipadukan dengan berbagai solusi tambahan ini, memberdayakan perusahaan fintech untuk mempercepat transformasi digital, meningkatkan efisiensi operasional, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang personal dan lancar.

"Kami berharap dapat bersama-sama membina jaringan dan kolaborasi, baik itu perusahaan fintech, praktisi industri teknologi, atau regulator, untuk mengeksplorasi bagaimana solusi teknologi, termasuk layanan cloud, keamanan, dan manajemen data, dapat memberdayakan bisnis fintech untuk berinovasi, meningkatkan skala, dan tetap kompetitif,” katanya.

GCG BUMN
Memiliki pusat data yang berlokasi di lokasi utama di seluruh dunia, termasuk pusat data lokal yang diluncurkan di Indonesia sejak 2022, Huawei Cloud menawarkan layanan cloud full-stack dan platform kolaborasi berkualitas tinggi, menjadikannya pilihan ideal bagi semua penyedia layanan keuangan yang membutuhkan platform yang aman, dapat diskalakan, dan hemat biaya untuk memberikan layanan keuangan mutakhir dengan memanfaatkan teknologi cloud bersama dengan manajemen data, keamanan, dan solusi kepatuhan yang canggih, untuk membantu fintech dan lembaga keuangan berkembang dalam lingkungan yang sangat kompetitif.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year