telkomsel halo

nPerf ungkap kondisi kecepatan internet di Indonesia

04:15:00 | 12 Aug 2024
nPerf ungkap kondisi kecepatan internet di Indonesia
JAKARTA (IndoTelko) - Hasil tes kecepatan terbaru nPerf melaporkan bahwa Telkomsel unggul berkat kinerjanya yang sangat baik pada 4 dari 5 indikator.

Lima indikator yang digunakan nPerf adalah download speed, upload speed, latency, web browsing, dan Youtube streaming.

Kecepatan unduh menunjukkan jumlah data yang dapat diterima koneksi dalam satu detik dari server nPerf. Semakin tinggi nilai terukurnya, semakin baik kecepatan koneksinya.

Dengan kecepatan unduh 27 Mb/s, kecepatan unggah 12 Mb/s, skor penjelajahan web 53%, dan skor streaming YouTube 82%, Telkomsel ditobatkan nPerf memberikan pengalaman internet papan atas.

Kecepatan download lebih dari 25 Mb/s tergolong sangat baik sehingga memungkinkan aktivitas seperti streaming video 4K.

IM3 dari Indosat mengamankan posisi kedua dengan performa solid dalam streaming YouTube (81%) dan kecepatan download 23,5 Mb/s. Metrik ini menjadikan IM3 pilihan kompetitif bagi pengguna yang memprioritaskan streaming berkualitas tinggi dan kecepatan yang dapat diandalkan.

Tes streaming mengevaluasi kualitas streaming YouTube dengan melakukan penilaian pada tiga resolusi berbeda: 360p (Definisi Standar), 720p (Definisi Tinggi), dan 1080p (Definisi Tinggi Penuh).

Peringkat keseluruhan diperoleh dari rata-rata ketiga pengujian ini, sehingga memastikan pengukuran kinerja streaming yang komprehensif di berbagai tingkat kualitas video.

Skor antara 75% dan 100% menunjukkan kelancaran streaming video.

XL Axiata berada di peringkat ketiga dengan kinerja keseluruhan yang konsisten, sementara Smartfren, di peringkat keempat, unggul dalam latensi namun kesulitan di bidang lain.

Internet Kabel
Di sektor internet kabel, CBN dan Oxygen menonjol sebagai yang berkinerja terbaik. CBN memimpin dengan latensi mengesankan sebesar 16,5 ms dan skor streaming YouTube sebesar 80,5%.

Oxygen unggul dalam kecepatan unduh (100 Mb/s), kecepatan unggah (91 Mb/s), dan skor penjelajahan web (61%), setara dengan waktu buka halaman rata-rata 3,9 detik.

MyRepublic menempati posisi ketiga dengan performa latensi solid, sedangkan IndiHome/Telkom tertinggal di posisi terakhir.

Skor nPerf memperhitungkan kecepatan yang diukur, latensi, serta tes streaming dan penjelajahan.

Nilai poin untuk kecepatan dan latensi dihitung dalam skala logaritmik, untuk lebih mewakili persepsi pengguna. nPerf menawarkan data yang akurat dan tidak bergantung pada penyedia layanan Internet.

Diketahui kecepatan unduh rata-rata di Indonesia adalah 18 Mb/s, antara Juli 2023 dan Juni 2024.

(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year