telkomsel halo

Ini lowongan kerja paling dicari untuk Q1-17

09:29:47 | 04 Apr 2017
Ini lowongan kerja paling dicari untuk Q1-17
Infografis oleh Jora Indonesia
JAKARTA (IndoTelko) – Awal tahun biasanya dimanfaatkan oleh banyak pencari kerja untuk mencari pekerjaan baru.

Lantas, lowongan kerja apa yang paling banyak dicari selama kuartal I 2017? Jora Indonesia, situs agregator atau pengumpul informasi lowongan kerja, melakukan riset untuk mencari jawabannya.

Berdasarkan data pencarian, diketahui bahwa lowongan kerja yang paling banyak menarik perhatian adalah driver (dicari sebanyak 10% pengguna), walk in interview (8%), kurir (7%), dan SPG (6%).

“Tingginya pencarian dengan kata kunci driver, kurir, dan SPG menunjukkan bahwa pencari kerja di Indonesia banyak dari kalangan informal atau non gelar”, kata Country Manager Jora untuk Indonesia Rizka Tsalasi dalam keterangan resminya, kemarin.

Informasi itu disusun berdasarkan data pencarian dari queries atau kata kunci yang dipakai pengguna di situs Jora Indonesia selama kuartal I dari bulan Januari-Maret 2017.

Hingga akhir Maret 2017, Jora Indonesia menampilkan sekitar 65 ribu lowongan kerja dari lebih 500 situs loker dan halaman karir perusahaan. Sementara itu pageviews atau kunjungan ke laman-lamanberisi informasi lowongan kerjayang terdapat dalam situs id.jora.commencapai 3 juta.

Lokasi  
Selain menganalisis lowongan kerja yang diminati oleh pencari kerja selama awal tahun, Jora Indonesia juga menganalisis lokasi pekerjaan yang paling menarik perhatian. Analisis ini dilakukan berdasarkan jumlah kunjungan ke lamanyang menggunakan kotak pencarian berdasarkan lokasi di situs id.jora.com.

Dari analisis tersebut, Jora Indonesia menemukan bahwa tiga lokasi yang paling diminati oleh pencari kerja adalah Jakarta (15%), Medan (8%) danSurabaya (6%). Lowongan kerja yang paling banyak tersedia di lokasi Medan adalah admin, sedangkan di kota Surabaya adalah accounting, sementara di Jakarta adalah sales.

Mayoritas pencari kerja di Jora berusia 18-24 tahun (59.40%) dan menggunakan mobile/ponsel untuk mencari info lowongan kerja (73.54%).

Sebagai aggregator, Jora menampilkan informasi lowongan kerja baik untuk profesional maupun non gelar. Cukup dengan mengetikkan kata kunci apa saja di kotak nama pekerjaan seperti editor, TI, SMA, dan sebagainya, pengguna sudah bisa menemukan informasi lowongan kerja.

“Jora Indonesia menawarkan layanan satu atap agar pencari kerja tidak perlu repot membuka situs lowongan kerja satu persatu lagi, “pungkas Rizka.

Jora sendiri merupakan perusahaan rintisan (startup) yang menyediakan informasi lowongan kerja di 22 negara. (pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
GoTo ubah susunan direksi